Logo Bloomberg Technoz

Dikutip dari laman resmi, Sekretariat Kabinet Republik Indonesia (Setkab) adalah lembaga pemerintah yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada presiden dan memiliki tugas dalam memberikan dukungan pengelolaan manajemen kabinet kepada presiden dan wakil presiden dalam penyelenggaraan pemerintahan.

Dalam menjalankan fungsi manajemen kabinet, Setkab berperan dalam memberikan dukungan pemikiran dan rekomendasi kepada presiden, salah satunya terkait usulan kebijakan dan program pemerintah yang disampaikan oleh kementerian/lembaga, monitoring pelaksanaan kebijakan dan penyelenggaraan pemerintahan.

Kemudian, menjalankan fungsi koordinasi lintas kementerian koordinator dan debottlenecking, dan melakukan evaluasi. Kebijakan pemerintah harus berjalan sesuai dengan koridor, baik dari aspek perundang-undangan, kemampuan anggaran, dan visi misi Presiden.

Dalam pelaksanaan tugas sehari-hari, Setkab menyelenggarakan kajian terkait isu-isu strategis yang menjadi perhatian presiden maupun publik, yang hasilnya disampaikan secara langsung kepada presiden dalam bentuk rekomendasi kebijakan.

Sekretariat Kabinet dipimpin oleh Sekretaris Kabinet (Seskab) yang diangkat dan diberhentikan oleh presiden. Masa jabatan Sekretaris Kabinet mengikuti masa jabatan Presiden, yakni lima tahun dan dapat diangkat kembali sesuai prerogatif presiden pada periode kedua.

Dalam pelaksanaan tugas dan fungsi, Seskab dibantu Wakil Seskab, enam deputi, maksimal lima Staf Ahli, maksimal tiga Staf Khusus, dan segenap pejabat/pegawai struktural dan fungsional yang berstatus Aparatur Sipil Negara (ASN).

Pengumuman nama Teddy oleh Prabowo terbilang tidak masuk radar sebelumnya. Pasalnya berbagai sumber menyatakan peluang terkuat kursi Sekretaris Kabinet bakal diisi oleh Bambang Eko Suhariyanto.

Sosok Mayor Teddy Indra Wijaya dikenal publik sejak menjadi ajudan Prabowo Subianto, saat menjabat Menteri Pertahanan di era Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) periode kedua.

Teddy merupakan perwira menengah TNI Angkatan Darat dari kesatuan Kopassus. Sejatinya Teddy telah mendapatkan promosi jabatan sebagai Wakil Komandan Batalyon Infanteri (Wadanyonif) Para Raider 328 melalui keputusan Kepala Staf TNI AD (KSAD) 26 Februari 2024.

Namun kerjanya sebagai ajudan Prabowo telah diteruskan hingga masa jabatan Menhan usai. 

Berdasarkan catatan, perjalanan karir Teddy Indra Wijaya dimulai ketika dia menjadi Komandan Peleton 3,2,1 di Batalyon Kopasus, Perwira Operasi Batalyon - 13 Kopasus, hingga sempat menjabat Komandan Tim 1 dan 2 di Batalyon Kopasus.

Riwayat pendidikan Teddy dimulai dari Akademi Militer tahun 2011. Mayor Teddy juga pernah sekolah dinas di Amerika Serikat (AS), tepatnya di United States Army Infantry, United States Army Airborne School, hingga United States Army Air Assault School.

(lav)

No more pages