Logo Bloomberg Technoz

Profil Airlangga Hartarto, Penggawa Ekonomi di Kabinet Prabowo

Redaksi
21 October 2024 06:00

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto bertemu dengan Prabowo Subianto di Kertanegara, Senin (14/10/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto bertemu dengan Prabowo Subianto di Kertanegara, Senin (14/10/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Airlangga Hartarto kembali menjadi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian). Jika sebelumnya masuk kabinet pemerintahan mantan Presiden Joko Widodo (Jokowi), maka kali ini dia berada di era pemerintahan Presiden Prabowo Subianto. 

Bagaimana profil lengkap Airlangga Hartarto?

Meski lebih dikenal sebagai politikus Partai Golkar yang baru saja pensiun sebagai Ketua Umum, Airlangga juga memiliki kedekatan dengan bidang ekonomi. Ayahnya, Hartarto Sastrosoenarto dikenal sebagai mantan Menteri Perindustrian di era Orde Baru. 

Tak hanya itu, Airlangga juga merupakan pemilik sejumlah perusahaan, hingga dikenal di kalangan pebisnis, sampai akhirnya menjadi Ketua Asosiasi Emiten Indonesia (AEI).

Airlangga merupakan pemilik sejumlah perusahaan dan ia menjadi Presiden Komisaris di dua perusahaan sekaligus, yakni PT. Fajar Surya Wisesa Tbk, dan PT Ciptadana Sekuritas. Dia juga menjabat sebagai Komisaris di PT Sorini Corporation Tbk. Sebelumnya, dia pernah menjadi Presiden Direktur di PT Bisma Narendra.