Logo Bloomberg Technoz

Daftar Lengkap 18 Menteri Era Jokowi yang Masuk Kabinet Prabowo

Azura Yumna Ramadani Purnama
21 October 2024 05:40

Airlangga dan Sri Mulyani saat konfrensi pers RAPN 2025 di Kantor Pusat Ditjen Pajak, Jumat (16/8/2024). (Bloomberg/Andrean Kristianto)
Airlangga dan Sri Mulyani saat konfrensi pers RAPN 2025 di Kantor Pusat Ditjen Pajak, Jumat (16/8/2024). (Bloomberg/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Prabowo Subianto akhirnya mengumumkan 53 nama menteri yang masuk dalam Kabinet Merah Putih dan akan membantunya mengelola negara dalam periode 2024-2029.

Menariknya, dari 53 daftar nama, terdapat setidaknya 18 nama lama yang tak asing lagi bagi masyarakat. Pasalnya, ke-18 nama pembantu presiden itu sebelumnya juga menjabat sebagai menteri di era kabinet pemerintahan mantan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Misalnya saja Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) Airlangga Hartarto, dan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang.

Kendati demikian, tak seluruh pejabat tersebut memimpin kementerian yang sama seperti ketika mereka menjadi menteri di era Jokowi. Salah satu nama yang memperoleh jabatan berbeda yakni, Zulkifli Hasan menjadi Menteri Koordinator Bidang Pangan di era Prabowo. Hal ini berbeda dari sebelumnya sebagai Menteri Perdagangan di era Jokowi.

Selain itu, Pratikno menjadi Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), dari sebelumnya Menteri Sekretaris Negara. Kemudian, Agus Harimurti Yudhoyono menjadi Menko Infrastruktur dan Pembangunan Kewilayahan, dari sebelumnya Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR).