Logo Bloomberg Technoz

Prabowo Tunjuk Sri Mulyani Jadi Menkeu Didampingi Trio Wamen

Azura Yumna Ramadani Purnama
21 October 2024 05:10

Sri Mulyani (Azzura/Bloomberg Technoz)
Sri Mulyani (Azzura/Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Prabowo Subianto kembali menunjuk Sri Mulyani sebagai Menteri Keuangan di kabinet pemerintahannya. Tak hanya itu, Kepala Negara juga 'membekali' tiga Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) untuk membantu sang Bendahara Negara mengelola keuangan. 

Jumlah Wamenkeu di era Prabowo lebih banyak dibanding pemerintahan sebelumnya yang hanya memiliki satu Wamenkeu, meski akhirnya bertambah menjadi dua Wamenkeu pada akhir masa kabinet. 

Ketiga Wamenkeu antara lain: Pertama, Wamenkeu terdahulu yang juga pernah menjadi Plt Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF), Suahasil Nazara. Kedua, Wamenkeu terdahulu yang juga pernah menjabat Bendahara Umum Partai Gerindra, Thomas Djiwandono. Ketiga, mantan Kepala BKF yang juga pernah menjabat Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama, Anggito Abimanyu. 

Sosok Menteri Keuangan di era pemerintahan baru memang banyak disorot. Sempat muncul beberapa nama kandidat, tapi Sri Mulyani kemudian muncul di kediaman Prabowo Jalan Kertanegara beberapa hari lalu.

Sri Mulyani pun menyampaikan dirinya diminta Prabowo mengelola anggaran penerimaan dan belanja negara (APBN) dan menjabat Menteri Keuangan. "Saat pembentukan kabinet, beliau meminta saya untuk kembali menjadi Menkeu lagi," jelas dia.