Logo Bloomberg Technoz

Presiden Prabowo Beri Nama Kabinet 2024-2029: Merah Putih

Azura Yumna Ramadani Purnama
20 October 2024 21:33

Presiden Prabowo Subianto mengumumkan menteri negara dalam pemerintahan periode 2024-2029. (Tangkapan Layar Youtube Setpres)
Presiden Prabowo Subianto mengumumkan menteri negara dalam pemerintahan periode 2024-2029. (Tangkapan Layar Youtube Setpres)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Terpilih Prabowo Subianto menamai kabinetnya sebagai Kabinet Merah Putih, seperti disampaikan di Istana Merdeka, Minggu (20/2024).

"Sebagaimana telah saya umumkan bahwa setelah saya dilantik pada tanggal 20 Oktober 2024, malam harinya saya akan umumkan Kabinet Pemerintah RI periode 2024-2029, dengan kesepakatan para Ketum Koalisi, kami beri nama kabinet ini Kabinet Merah Putih," terang Prabowo yang didampingi Wapres Gibran Rakabuming Raka.

Sampai artikel ini dimuat Presiden Prabowo masih mengumumkan susunan Kabinet Merah Putih, dimana Menteri Koordinator dipegang oleh:

  • Menteri Koordinator Bidang Politik dan Keamanan: Budi Gunawan
  • Menteri Koordinator Bidang Hukum dan HAM: Yusril Ihza Mahendra
  • Menteri Koordinator Bidang Perekonomian: Airlangga Hartarto
  • Menteri Koordinator Bidang Pangan: Zulkifli Hasan
  • Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan: Pratikno
  • Menteri Koordinator Bidang Infrastruktur: Agus Harimurti Yudhoyono
  • Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Masyarakat: Muhaimin Iskandar

Dengan demikian kursi Kementerian Koordinasi mayoritas dihuni para pemimpin Partai Politik pengusung Prabowo Subianto, kecuali Budi Gunawan yang merupakan mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN).

Selanjutnya Kabinet Merah Putih bakal menggelar pelantikan kabinet Prabowo-Gibran akan digelar besok, Senin (21/10/2024), seperti disampaikan Ketua Umum Relawan Pro Jokowi (Projo) Budi Arie Setiadi.