Logo Bloomberg Technoz

Sosok Menteri Keuangan di era pemerintahan baru memang banyak disorot. Sempat muncul beberapa nama kandidat namun Sri Mulyani kemudian muncul di kediaman Prabowo Jalan Kertanegara beberapa hari lalu.

Sri Mulyani pun menyampaikan diminta Prabowo menggawangi APBN dan menjabat Menteri Keuangan. "Saat pembentukan kabinet, beliau meminta saya untuk kembali menjadi Menkeu lagi," jelas dia.

Dengan Sri Mulyani menjadi Menkeu, Badan Penerimaan Negara yang semula sempat digagas, batal diwujudkan. "Enggak ada," ucap dia Senin, 14 Oktober 2024, kemudian menegaskan bahwa Kementerian Keuangan masih satu kementerian yang mengelola penerimaan negara berupa perpajakan, bea dan cukai, serta Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).  "Ia masih satu."

Beberapa analis sebelumnya menyatakan bahwa penunjukkan Sri Mulyani menenangkan pasar karena hadir kepastian kebijakan di bidang fiskal.

Lionel Priyadi dari PT Mega Capital Sekuritas, meminta pasar bisa saja memandang aspek yang lebih luas. Tidak hanya sebatas seorang Sri Mulyani. Lionel menggarisbawahi beragam  tantangan fundamental yang dihadapi perekonomian Indonesia.

"Ini adalah bagaimana pemerintah secara keseluruhan dapat menavigasi tantangan-tantangan ekonomi di masa depan, seperti melemahnya pertumbuhan global dan harga-harga komoditi, serta gelagat melebarnya defisit transaksi berjalan," ucap dia.

(wep)

No more pages