Logo Bloomberg Technoz

DPR Mulai Bahas Susunan AKD 13 Komisi Pekan Depan

Sultan Ibnu Affan
20 October 2024 17:50

Saan Mustopa (Bloomberg Technoz/Mis Fransiska)
Saan Mustopa (Bloomberg Technoz/Mis Fransiska)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI akan memulai rapat pembahasan penetapan susunan komisi dan alat kelengkapan dewan (AKD) mulai Senin (21/10/2024) atau sepanjang pekan depan.

Wakil Ketua DPR RI Saan Mustopa mengatakan, penyusunan tersebut menyusul kepastian pengumuman nama-nama calon kabinet Presiden Prabowo Subianto yang rencananya baru akan diumumkan pada malam ini, Minggu (20/10/2024).

"Ketika kabinet diumumkan nanti malam, itu sudah jelas nomenklatur baru apa saja nanti. Maka DPR akan menyesuaikan dengan nomenklatur baru tersebut, dari komisi 1 sampai 13," ujar Saan di Kompleks Parlemen, Jakarta, Minggu.

Sehingga, kata Saan, penetapan penyusunan pimpinan fraksi tiap komisi dan AKD tersebut juga ditargetkan akan rampung pada pekan depan, dan langsung bekerja sesuai dengan tugas dan fungsinya.

DPR sebelumya memang telah meresmikan sejumlah AKD, dan penambahan komisi dari semula hanya sebanyak 11 menjadi total 13 komisi. Keputusan tersebut diambil dalam rapat paripurna yang digelar pada 15 Oktober 2024 lalu.