Logo Bloomberg Technoz

PDIP Soroti Pidato Perdana Presiden Prabowo Tak Bahas IKN

Mis Fransiska Dewi
20 October 2024 15:50

Istana Kepresidenan di Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur, Kamis (25/7/2024). (Muhammad Fadli/Bloomberg)
Istana Kepresidenan di Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur, Kamis (25/7/2024). (Muhammad Fadli/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Prabowo Subianto Djojohadikusumo memberikan pidato panjang usai dirinya mengucapkan sumpah jabatan untuk periode 2024-2029. Akan tetapi, dia sama sekali tak menyinggung tentang program unggulan dan prioritas Presiden ke-7 Joko Widodo (Jokowi) yaitu pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Politikus PDIP, Komarudin Watubun menilai, Prabowo memang tak memasukkan proyek pembangunan IKN ke dalam program prioritas lima tahun ke depan. Menurut dia, ketua umum Partai Gerindra tersebut lebih fokus untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat kecil.

"Pak Prabowo sendiri pasti memprioritaskan hal apa yang menjadi prioritas hari ini. Karena kondisi nasional seperti begini; pengaruh geo politik global tentu menguras banyak tenaga, kita juga punya hutang luar negeri sekarang ini Rp8.400 triliun," ujar dia di Kompleks DPR, Ahad (20/10/2024).

Menurut dia, pemerintah punya kewajiban untuk melunasi hutang tersebut sebesar Rp1.000 triliun tahun depan. Serta, kata dia, ada sejumlah beban keuangan lain yang memang harus dituntaskan pemerintahan Prabowo.

"Jadi saya pikir itu bagian dari sikap pak Prabowo untuk menggarisbawahi mana yang jadi prioritas," ujar Komarudin. "Jadi mana yang penting dan prioritas dan mana yang penting tapi tidak prioritas."