Logo Bloomberg Technoz

Pulang ke Solo, Jokowi Gunakan Pesawat TNI AU dari Halim

Redaksi
20 October 2024 15:15

Pesawat TNI AU Mengantar Kepulangan Presiden Jokowi Menuju Solo (YouTube Setpres)
Pesawat TNI AU Mengantar Kepulangan Presiden Jokowi Menuju Solo (YouTube Setpres)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden ke-7 Joko Widodo (Jokowi) telah melakukan serah terima jabatan dengan Presiden Prabowo Subianto di Istana Negara. Dia kemudian menuju Bandara Halim Perdana Kusuma untuk kembali ke kampung halamannya, Solo, Jawa Tengah.

Jokowi nampak akan menggunakan pesawat milik TNI Angkatan Udara yang sebelumnya memang sering digunakan untuk kegiatan presiden dan wakil presiden. Pesawat ini memiliki warna abu-abu dengan garis tipis merah putih di bagian tengah badan pesawat. 

Selama perjalanan, pesawat TNI AU tersebut akan terbang dengan pengawalan empat pesawat tempur hingga mendarat di Bandara Adi Soemarmo, Solo.

Pesawat TNI AU yang ditumpangi Jokowi merupakan pabrikan Amerika Serikat, Boieng dengan tipe 737-800 NG (Next Generation) tersebut memiliki nomor ekor A-7309. Pesawat generasi ketiga dari Boeing 737 yang diproduksi untuk menyaingi pesawat keluaran Prancis, Airbus A320. 

Jokowi memutuskan kembali ke Solo usai mengakhiri masa jabatan 10 tahun sebagai presiden. Dia diantar Presiden Prabowo bersama nyaris seluruh pejabat pada Kabinet Indonesia Maju di Bandara Halim.