Logo Bloomberg Technoz

"Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban presiden RI dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya. Memengang teguh Undang-undang Dasar 1945 dan jalankan segala undang-undang dan peraturannya, dengan selurus-lurusnya. Serta berbakti kepada nusa dan bangsa," kata Prabowo dalam acara pelantikan.

Presiden RI ke-8 Prabowo Subianto. (Dok: Setkab)

Prabowo menggantikan mantan lawan politiknya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menjabat selama dua periode pada 2014-2019, dan 2019-2024. Hubungannya dengan Jokowi mulai membaik usai bergabung ke dalam Kabinet Indonesia Maju sebagai menteri pertahanan pada Oktober 20219.

Sejumlah Kepala Negara dan perwakilan dari negara sahabat hadir dalam acara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024-2029 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di Gedung MPR, Jakarta, pada 20 Oktober 2024.

Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Ahmad Muzani mengatakan, sejumlah pemimpin negara tetangga akan diundang saat pelantikan Prabowo dan Gibran. Muzani menyebut, Kepala Negara Anggota ASEAN hingga Kepala Negara yang tergabung G20 juga diundang. 

Ahmad Muzani mengatakan jumlah tamu negara yang akan hadir kali ini terbilang banyak. Jumlah itu menjadi kebanggaan dan penghormatan bagi bangsa dan pemerintah Indonesia. 

"Tradisinya negara-negara Asean biasanya diundang. Mitra Asean diundang, dan negara-negara yang menjadi sahabat dari calon kepala negara yang akan dilantik juga diundang. G20 sebagian diundang," kata Muzani beberapa waktu lalu.

Sementara itu, Dewan Perwakilan Rakyat RI (DPR RI) sejauh ini hanya mencatat ada sekitar 23 kepala negara atau wakilnya yang akan menghadiri langsung pelantikan Prabowo-Gibran di Jakarta. Kepala Negara biasanya setingkat presiden, perdana menteri, atau sultan. 

Selanjutnya, 12 negara lain mengirim utusan khusus untuk menghadiri pelantikan Kepala Negara dan Wakil Kepala Negara baru RI hari ini.

(dba)

No more pages