Logo Bloomberg Technoz

Sejumlah Media Asing Ikut Soroti Pelantikan Prabowo-Gibran

Delia Arnindita Larasati
20 October 2024 12:20

Prabowo Dan Gibran Resmi Dilantik Sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI (MPR RI)
Prabowo Dan Gibran Resmi Dilantik Sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI (MPR RI)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pelantikan Prabowo Subiato dan Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden periode 2024-2029 ikut menjadi sorotan sejumlah media asing. Pelantikan digelar di Gedung DPR-MPR RI pada Minggu (20/10/2024).

Reuters menyoroti busana adat Betawi yang dikenakan oleh Prabowo dan Gibran, juga sambutan meriah masyarakat Indonesia di sepanjang jalan menuju lokasi pelantikan. Media yang berpusat di London tersebut juga menyoroti para pendukung Presiden ke-7 RI Joko Widodo yang akan turut meramaikan pelantikan.

"Para pendukung Jokowi juga menghadiri perayaan tersebut untuk mengucapkan selamat tinggal kepada pemimpin Indonesia yang akan mengakhiri masa jabatannya," demikian tertulis dalam artikel berjudul 'Former Special Forces Commander Prabowo Takes Up Indonesian Presidency.'

Media yang berpusat di New York, Associated Press, merilis artikel berjudul 'Indonesia Swears in Prabowo Subianto as the Country’s Eighth President' menyoroti bagaimana mantan menteri pertahanan berusia 73 tahun tersebut dielu-elukan oleh ribuan pendukungnya di sepanjang jalan. Begitu juga dengan banyaknya spanduk dan baliho untuk menyambut presiden baru yang memenuhi jalanan Jakarta, juga panggung pesta rakyat yang telah dipersiapkan untuk meramaikan pelantikan ini.

South China Morning Post juga ikut menyoroti pelantikan Prabowo dan Gibran sebagai presiden dan wakil presiden RI. Media yang berbasis di Hong Kong tersebut memberitakan sumpah jabatan yang diambil oleh Prabowo pada Minggu (20/10/2024) "untuk menjadi pemimpin kedelapan di negara demokrasi terbesar di Asia Tenggara." Sementara media asal Singapura, CNA, menyoroti jajaran menteri Prabowo hingga kebijakan ekonomi, pertahanan, dan luar negeri di Indonesia di tengah ketegangan geopolitik.