Logo Bloomberg Technoz

Lukman mengonfirmasi kecelakaan ini mengakibatkan 4 korban awak dan penumpang yaitu Pilot, First Officer, Teknisi, dan 1 orang penumpang meninggal dunia, selanjutnya para korban telah dievakuasi ke Puskesmas Motolohu Pohuwato.

Lantas, siapa sebenarnya pemilik SAM Air?

Untuk diketahui, pemilik SAM Air adalah Wagus Hidayat, atau akrab disapa Haji Hidayat. Dia merupakan politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Sebelum menjadi anggota PKS, ia merupakan mantan anggota DPRD Kabupaten Jayapura itu pernah menjadi bagian dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Dirangkum dari berbagai sumber, SAM Air atau Semuwa Aviasi Mandiri merupakan maskapai yang melayani penerbangan perintis atau daerah-daerah terpencil di wilayah timur Indonesia. 

Pesawat terbang jenis propeller atau baling-baling SAM Air juga diketahui melayani penerbangan sewaan atau charter flight, layanan penerbangan tak terjadwal di Papua.

Sejak awal 2021, SAM Air melayani penerbangan terjadwal di 10 bandara perintis di gugus Kepulauan Maluku. Adapun, propeller milik SAM Air adalah DHC-6 Twin Otter (SMH, SMS) dan C208 Caravan (SMW, SMG).

Kabar kecelakaan maut pesawat perintis SAM Air di Gorontalo Minggu pagi ini mengejutkan publik, yang pada hari yang sama tengah tersedot perhatiannya ke perhelatan kenegaaran pelantikan Prabowo Subianto sebagai Presiden ke-8 Republik Indonesia, serta Gibran Rakabuming Raka selaku wakilnya.

(wdh)

No more pages