Logo Bloomberg Technoz

Riuh 'Free Palestine' Saat Pelantikan Presiden di Gedung MPR

Sultan Ibnu Affan
20 October 2024 11:22

Penandatangan Berita Acara Pelantikan Presiden Republik Indonesia 20 Oktober 2024 (YouTube Setpres)
Penandatangan Berita Acara Pelantikan Presiden Republik Indonesia 20 Oktober 2024 (YouTube Setpres)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Teriakan 'Free Palestine' riuh menggema di Gedung Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) saat Pelantikan Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka, Minggu (20/10/2024).

Kalimat itu terucap ketika Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Ahmad Muzani meminta Presiden Prabowo Subianto untuk melanjutkan perjuangan komitmen pemerintah terdahulu untuk mendukung kemerdekaan rakyat Palestina yang telah diinvasi oleh Israel lebih daru satu tahun terakhir.

Ahmad Muzani menjelaskan, dalam hubungan internasional, salah satu isu yang ditangani pemerintah dengan tepat adalah memperjuangkan kemerdekaan dan hak asasi masyarakat Palestina.

"Kepada bapak Prabowo, melalui mimbar yang terhormat ini, kami berharap agar dapat melanjutkan komitmen perjuangan ini menjadikan dukungan kemerdekaan Palestine sebagai kebijakan politik Indonesia," ujar Muzani dalam Pidato Sidang Paripurna Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden, Minggu (20/10/2024). 

Dia menjelaskan, seluruh masyarakat sudah mengetahui bahwa persoalan Palestina bukan hanya masalah regional, tetapi juga persoalan kemanusiaan yang membutuhkan perhatian dan dukungan seluruh lapisan masyarakat.