Logo Bloomberg Technoz

Prabowo Subianto Sah jadi Presiden ke-8 Indonesia

Redaksi
20 October 2024 10:32

Foto resmi Presiden dan Wakil Presiden (Setneg)
Foto resmi Presiden dan Wakil Presiden (Setneg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto Djojohadikusumo resmi menjadi presiden ke-8 Indonesia pada periode 2024-2029. Dia telah mengucapkan sumpah presiden RI dalam sidang paripurna Majelis Permusyawarahan Rakyat (MPR) pukul WIB Ahad (20/10/2024).

"Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban presiden RI dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya. Memengang teguh Undang-undang Dasar 1945 dan jalankan segala undang-undang dan peraturannya, dengan selurus-lurusnya. Serta berbakti kepada nusa dan bangsa," kata Prabowo dalam acara pelantikan.

Prabowo menggantikan mantan lawan politiknya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menjabat selama dua periode pada 2014-2019, dan 2019-2024. Hubungannya dengan Jokowi mulai membaik usai bergabung ke dalam Kabinet Indonesia Maju sebagai menteri pertahanan pada Oktober 20219.

Prabowo berhasil menjadi presiden usai mengikuti empat kali pemilihan umum. Awalnya, dia maju sebagai calon wakil presiden pada Pemilu 2009. Saat itu, dia mendampingi Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri untuk melawan petahana Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono (SBY) bersama Boediono; dan petahana wapres Jusuf Kalla yang maju sebagai calon presiden bersama Wiranto.

Hasilnya, Megawati-Prabowo tumbang usai hanya mendapatkan dukungan 26,79% suara sah nasional. SBY saat itu memperoleh kemenangan telak dengan mengantongi 60,8% suara sah nasional.