Logo Bloomberg Technoz

Alasan Surya Paloh Tak Kirim Kader Nasdem di Kabinet Prabowo

Sultan Ibnu Affan
20 October 2024 10:11

Surya Paloh di Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia 20 Oktober 2024 (Bloomberg Technoz/Mis Fransiska)
Surya Paloh di Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia 20 Oktober 2024 (Bloomberg Technoz/Mis Fransiska)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Ketua Umum Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Surya Paloh memastikan tetap tak mengirimkan nama kadernya kepada Presiden Terpilih 2024-2029, Prabowo Subianto. Padahal, mantan pengusaha media ini memiliki kesempatan untuk bernegosiasi saat menghadiri perayaan ulang tahun calon Kepala Negara tersebut pada 17 Oktober 2024 lalu.

Partai Nasdem mengklaim telah memutuskan untuk tak bergabung dengan kabinet pemerintahan Prabowo-Gibran Rakabuming Raka.

"Tidak ada (pembicaraan soal kabinet), hanya ulang tahun. Memang secara khusus saya bertemu pada hari baik ulang tahun Mas Prabowo yang ke-73," kata Surya Paloh di Gedung MPR, Jakarta, Minggu (10/10/2024).

Kendati tak mengirimkan kadernya dalam Kabinet Prabowo Subianto, dia berharap pemerintahan baru bisa lebih meningkatkan kemampuan maupun kinerja pemerintahan ke depan, serta melanjutnya pembangunan yang telah dicapai sampai saat ini. 

Surya Paloh memaparkan alasan dirinya tak mengirim kadernya dalam Kabinet Prabowo Subianto karena ini merupakan satu pembelajaran dan momentum yang harus dimanfaatkan dengan baik oleh Partai Nasdem untuk lebih memberikan hal yang berarti sebagai moral proses pendidikan politik dalam kelangsungan perjalanan kehidupan berbangsa dan bernegara.