Logo Bloomberg Technoz

Pertama Kali, Pelantikan Presiden & Wapres RI Kenakan Baju Daerah

Delia Arnindita Larasati
20 October 2024 09:58

Prabowo tiba di Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia 20 Oktober 2024 (YouTube DPR RI)
Prabowo tiba di Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia 20 Oktober 2024 (YouTube DPR RI)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka akan dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2024-2029 pada hari ini, Minggu (20/10/2024). Keduanya tiba di Gedung DPR-MPR RI dengan mengenakan busana adat Betawi.

Gibran tiba terlebih dahulu sekitar pukul 08.30 WIB sementara Prabowo tiba sekitar pukul 09.00 WIB. Keduanya sama-sama mengenakan pakaian adat Betawi yang dinamakan Bangsawan Ujung Serong. Busana yang dikenakan Gibran didominasi dengan warna hitam, dengan area pinggul yang dililit dengan kain berwarna jingga. Sementara busana Prabowo didominasi oleh warna biru dongker dengan area pinggul yang dililit dengan kain berwarna merah.

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Tiba di Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia 20 Oktober 2024 (YouTube Setpres)

Di sisi lain, presiden ketujuh RI Joko Widodo, hadir dengan mengenakan busana adat yang sama dengan dominasi warna hitam. Area pinggul dililit dengan kain berwarna biru.

Pakaian adat Bangwasan Ujung Serong biasanya digunakan oleh kaum bangsawan atau kalangan atas. Terdiri dari baju jas, celana pantolan, kain songket, peci, dan aksesoris. Baju jas terbuat daribahan sutra atau beludru, dan terdapat kancing di bagian depan.

Gibran Rakabuming (YouTube DPR RI)

Untuk pertama kalinya, busana daerah dikenakan saat pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI. Sebelumnya, para presiden terpilih hanya mengenakan setelan jas saat menghadiri pelantikan.