Logo Bloomberg Technoz

Sebelumnya, Titiek Soeharto sudah hadir terlebih dahulu di Gedung MPR RI. Sementara itu, Prabowo Subianto sebagai presiden terpilih akan ditemani oleh sang putra, Didit Hediprasetyo.

Politisi Partai Gerindra Prasetyo Hadi saat ditemui di Kartanegara menyebut, rombongan Prabowo akan berangkat dari Kertanegara sekitar pukul 08:30 WIB bersama keluarga inti.

"Hanya keluarga inti saja, yang lain terpisah. Berangkat sendiri-sendiri dari kediaman," ungkap Prasetyo.

Jokowi dan Keluarga Menuju Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia 20 Oktober 2024 (YouTube DPR RI)

Acara kenegaraan hari ini akan berlangsung pada pukul 10.00 WIB di Gedung Nusantara, Kompleks DPR-MPR, Senayan, Jakarta.

Dalam susunan acara, setelah pembacaan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan membacakan kembali surat keputusan KPU soal hasil Pemilu 2024. Acara kemudian dilanjutkan dengan pelantikan dan penandatanganan berita acara dan pidato dari Prabowo.

Berdasarkan ketentuan, usai digelar pengucapan sumpah/janji presiden dan wakil presiden terpilih oleh Prabowo-Gibran, maka secara resmi jabatan Joko Widodo dan Ma'ruf Amin digantikan oleh Prabowo dan Gibran Rakabuming Raka selaku presiden dan wakil presiden RI 2024—2029.

Adapun, untuk pengamanan, Polri akan menerjunkan 7.000 personel pengamanan pelantikan Prabowo-Gibran.

"Total ada 7.000 personel pasukan," ujar Asisten Kapolri bidang SDM Irjen Dedi Prasetyo dalam keterangannya usai geladi bersih pengamanan di Mako Brimob, Jumat (11/10/2024).

Unsur yang dilibatkan dalam pengamanan mulai dari pasukan dari Polwan RI, pasukan dari Lembaga Pendidikan dan Latihan Polri yaitu Taruna Akademi Kepolisian (Akpol), siswa Sekolah Pembentukan Perwira (Setukpa) Lemdiklat Polri, dan mahasiswa Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK).

(red/wdh)

No more pages