Logo Bloomberg Technoz

Jelang Pelantikan Presiden, Helikopter Super Puma Siaga di DPR

Sultan Ibnu Affan
20 October 2024 08:40

Helikopter Kepresiden Hingga Kendaraan Taktis Siaga Jelang Pelantikan Prabowo-Gibran, Minggu (20/10/2024)./Bloomberg Technoz-Sultan Ibnu Affan.
Helikopter Kepresiden Hingga Kendaraan Taktis Siaga Jelang Pelantikan Prabowo-Gibran, Minggu (20/10/2024)./Bloomberg Technoz-Sultan Ibnu Affan.

Bloomberg Technoz, Jakarta Helikopter Kepresidenan, kendaraan taktis, hingga pasukan pengamanan bersiaga di Kompleks DPR RI, Senayan, Jakarta Pusat. Kesiapan ini menyusul adanya agenda pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka pada hari ini, Minggu (20/10/2024).

Berdasarkan pantauan, Helikopter Kepresidenan bernomor ekor H-3204  telah bersiaga dan terparkir di lapangan, persis di depan Gedung Nusantara. Di sekitarnya, juga terlihat belasan kendaraan taktis dan Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres).

Helikopter dengan jenis Super Puma tersebut dioperasikan oleh Skuadron TNI Angkatan Udara 45, yang merupakan Skadron angkut khusus VIP/VVIP.

Skuadron ini udara ini khusus digunakan Presiden maupun Wakil Presiden untuk kunjungan kerja ke daerah, yang secara keseluruhan pemeliharaannya berada di bawah Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) dan pengoperasian pesawat di bawah koordinasi Sekretariat Militer Presiden (Sekmilpres).

Helikopter Kepresiden Hingga Kendaraan Taktis Siaga Jelang Pelantikan Prabowo-Gibran, Minggu (20/10/2024)./Bloomberg Technoz-Sultan Ibnu Affan

Adapun, acara kenegaraan hari ini akan berlangsung dan dimulai pada pukul 10.00 WIB di Gedung Nusantara, Kompleks DPR-MPR, Senayan, Jakarta.