Logo Bloomberg Technoz

“Belum [tahu], tetapi kemungkinan akan hadir dan beliau juga ada di Kompleks Senayan,” tuturnya.

Budi pun mengaku tidak mengetahui informasi perihal keberangkatan wakil presiden Gibran Rakabuming Raka, apakah akan bersamaan dengan rombongan Prabowo atau tidak.

“Saya kurang tahu. Mungkin terpisah. Dari informasi yang saya dapat, [Gibran dan Prabowo] langsung bertemu di DPR.”

Geladi bersih pelantikan presiden dan wakil presiden di Gedung Nusantara, kompleks Parlemen, Sabtu (19/10/2024) (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Acara kenegaraan hari ini akan berlangsung pada pukul 10.00 WIB di Gedung Nusantara, Kompleks DPR-MPR, Senayan, Jakarta.

Dalam susunan acara, setelah pembacaan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan membacakan kembali surat keputusan KPU soal hasil Pemilu 2024. Acara kemudian dilanjutkan dengan pelantikan dan penandatanganan berita acara dan pidato dari Prabowo.

Berdasarkan ketentuan, usai digelar pengucapan sumpah/janji presiden dan wakil presiden terpilih oleh Prabowo-Gibran, maka secara resmi jabatan Joko Widodo dan Ma'ruf Amin digantikan oleh Prabowo dan Gibran Rakabuming Raka selaku presiden dan wakil presiden RI 2024—2029.

Adapun, untuk pengamanan, Polri akan menerjunkan 7.000 personel pengamanan pelantikan Prabowo-Gibran.

"Total ada 7.000 personel pasukan," ujar Asisten Kapolri bidang SDM Irjen Dedi Prasetyo dalam keterangannya usai geladi bersih pengamanan di Mako Brimob, Jumat (11/10/2024).

Unsur yang dilibatkan dalam pengamanan mulai dari pasukan dari Polwan RI, pasukan dari Lembaga Pendidikan dan Latihan Polri yaitu Taruna Akademi Kepolisian (Akpol), siswa Sekolah Pembentukan Perwira (Setukpa) Lemdiklat Polri, dan mahasiswa Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK).

(wdh)

No more pages