Logo Bloomberg Technoz

Badai Nadine Akan Terjang Meksiko, Warga Diminta Waspada

News
19 October 2024 20:40

Pesepeda di tengah hujan lebat selama Badai Milton di St. Petersburg, Florida, AS, Rabu (9/10/2024). (Tristan Wheelock/Bloomberg)
Pesepeda di tengah hujan lebat selama Badai Milton di St. Petersburg, Florida, AS, Rabu (9/10/2024). (Tristan Wheelock/Bloomberg)

Brian K. Sullivan - Bloomberg News

Bloomberg, Badai Tropis Nadine akan mendarat di Belize pada hari Sabtu (19/10) waktu setempat. Badai ini hadir beserta hujan lebat yang dapat mengakibatkan banjir di seluruh wilayah yang mencakup Semenanjung Yucatan di Meksiko, kata Pusat Badai Nasional AS.

Badai Nadine terbentuk dari sekumpulan badai petir dan hujan di Laut Karibia barat pada awal Sabtu dan membawa angin dengan kecepatan 40 mil (64 kilometer) per jam, sedikit di atas ambang batas yang diperlukan untuk menjadi badai tropis, kata pusat badai dalam sebuah pemberitahuan.

Meskipun anginnya tidak akan semakin kuat, badai ini diperkirakan akan menurunkan hujan antara 4 inci (10 sentimeter) hingga 8 inci di daerah yang luas, yang dapat menyebabkan banjir kilat di beberapa bagian Meksiko, Belize, dan Guatemala. Nadine diperkirakan akan hilang di tenggara Meksiko pada hari Minggu.

Dengan kehadiran Badai Nadine, Atlantik kini telah menghasilkan 14 badai, yang merupakan rata-rata jangka panjang untuk musim badai selama enam bulan yang berakhir pada 30 November.