Logo Bloomberg Technoz

Langkah ini mengikuti penurunan inflasi di bawah 2% untuk pertama kalinya sejak 2021, bersamaan dengan aktivitas sektor swasta yang melemah dan retaknya pasar kerja yang sejauh ini masih tangguh.

Annual inflation rate. (Sumber: UK Office for National Statistics)

Inflasi Inggris turun di bawah target 2% Bank of England untuk pertama kalinya dalam lebih dari tiga tahun, mendorong investor untuk bertaruh pada penurunan suku bunga yang lebih cepat dalam beberapa bulan mendatang.

Economic Prospects. (Sumber: IMF)

Sementara para pembuat kebijakan di Washington atau Beijing mungkin telah memperhitungkan kemerosotan Uni Eropa menuju ketidakefektifan selama bertahun-tahun, para politisi yang bertugas mengarahkan perekonomian Eropa butuh waktu untuk menerima keseriusan tantangan yang mereka hadapi. Namun, kini mereka mulai memahaminya.

UK's Low Paid Jobs See Stubborn Wage Inflation. (Sumber: Indeed)

Para pekerja dengan gaji terendah di Inggris menikmati pertumbuhan upah yang pesat, sebagian berkat kenaikan besar upah minimum pada bulan April. Ini merupakan kabar baik bagi rumah tangga yang berjuang setelah krisis biaya hidup yang brutal, tetapi tidak bagi perjuangan Bank of England melawan inflasi.

Asia

Grafik ekspor Jepang. (Sumber: Kementerian Keuangan)

Ekspor Jepang menurun pada bulan September dengan penurunan terbesar sejak Februari 2021, mengurangi momentum pemulihan ekonomi negara tersebut karena melemahnya permintaan global. Pengiriman ke China turun 7,3%, sementara ke AS dan Eropa masing-masing turun 2,4% dan 9%.

Total value of shipments is still high, but growth slowing. (Sumber: China's General Administration of Customs)

Pertumbuhan ekspor China secara tak terduga melambat pada bulan September, menghambat rebound perdagangan yang telah menjadi titik terang bagi ekonomi yang melemah, di mana para pembuat kebijakan mengandalkan sektor manufaktur sebagai penggerak utamanya.

China Is Holding Military Drills Around Taiwan. (Sumber: People's Liberation Army, Bloomberg News)

Angkatan bersenjata China mengadakan latihan di dekat Taiwan yang mereka katakan ditujukan sebagai peringatan untuk menghentikan “tindakan separatis” — langkah ini diambil tepat setelah presiden kepulauan tersebut berjanji untuk menghadapi tantangan dari Beijing.

Latihan pada hari Senin melibatkan angkatan darat, angkatan laut, angkatan udara, dan pasukan misil, kata seorang juru bicara militer China dalam sebuah pernyataan di media sosial, menambahkan bahwa latihan tersebut merupakan “peringatan tegas” bagi mereka yang mengejar kemerdekaan.

AS dan Kanada

US Retail Sales Exceed Projections. (Sumber: Census Bureau)

Penjualan ritel AS menguat pada bulan September lebih dari yang diperkirakan dalam sebuah kemajuan yang luas, menggambarkan belanja konsumen yang tangguh yang terus mendorong ekonomi.

Setelah laporan tersebut, perkiraan GDPNow dari Federal Reserve (The Fed) Atlanta memperkirakan peningkatan tahunan sebesar 3,6% dalam konsumsi pribadi untuk kuartal ketiga, yang akan menjadi laju terkuat tahun ini.

Five of Six Big Canadian Banks See Jumbo BOC Cut in October. (Sumber: Bloomberg)

Semua kecuali satu dari enam bank terbesar di Kanada kini mengharapkan bank sentral untuk menurunkan biaya pinjaman sebesar setengah poin persentase setelah inflasi turun di bawah target 2% para pembuat kebijakan untuk pertama kalinya dalam lebih dari tiga tahun.

Perubahan ini menyoroti semakin kuatnya konsensus bahwa pelonggaran bertahap dari para pembuat kebijakan mungkin tidak cukup untuk mencegah terjadinya penurunan berkelanjutan dari target inflasi seiring dengan melemahnya ekonomi Kanada.

Negara Berkembang

Peru Expands Faster Than Expected for Second Month. (Sumber: National statistics agency; Bloomberg)

Ekonomi Peru tumbuh lebih dari yang diperkirakan pada bulan Agustus dibandingkan tahun sebelumnya, karena pertumbuhan terus menunjukkan ketahanan yang mengejutkan setelah resesi pada tahun 2023.

Pertumbuhan didorong oleh peningkatan belanja publik yang berdampak pada defisit Peru, yang meningkat menjadi 4% dari PDB pada bulan Agustus, melebihi batas legal sebesar 2,8%.

Dunia

Peta Bank Dunia. (Sumber: Bloomberg)

Di luar ECB, Thailand mengejutkan pasar dengan pemotongan suku bunga sebesar seperempat poin.

Bank sentral Filipina menurunkan suku bunga untuk kedua kalinya tahun ini, sementara Namibia dan Chili juga mengurangi biaya pinjaman. Singapura mempertahankan kebijakan moneternya tidak berubah, sementara Indonesia, Turki, dan Mesir juga mempertahankan suku bunga.

Grafik penjualan produk Apple. (Sumber: Bloomberg, company filings)

Penjualan iPhone terbaru dari Apple Inc. di China meningkat 20% dalam tiga minggu pertama dibandingkan dengan model 2023, yang merupakan tanda positif bagi perangkat yang kesulitan mendapatkan perhatian tahun ini di pasar smartphone terbesar di dunia.

Meskipun hanya merupakan gambaran selama tiga minggu, data ini menunjukkan bahwa peluncuran Apple pada 2024 berjalan lebih baik dibandingkan tahun lalu.

(bbn)

No more pages