Logo Bloomberg Technoz

Istana Siapkan Alphard AD 1 JKW untuk Jokowi Pulang ke Solo

Dovana Hasiana
19 October 2024 19:20

Presiden Jokowi bersama Menteri Pertahanan Presiden Terpilih Prabowo Subianto. (Dok: Bloomberg)
Presiden Jokowi bersama Menteri Pertahanan Presiden Terpilih Prabowo Subianto. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana mengatakan Kementerian Sekretariat Negara menyiapkan berbagai skenario untuk memfasilitasi kepulangan Presiden Joko Widodo ke Solo.

Ari mengatakan skenario yang disiapkan antara lain perjalanan melalui darat menggunakan Toyota Alphard bernomor polisi AD 1 JKW berwarna hitam dan melalui jalur udara menggunakan pesawat komersil.

“Mengenai skenario kembali ke Solo, intinya Kemensetneg menyiapkan berbagai skenario apakah beliau berkenan melalui darat atau melalui udara pesawat komersial seperti apa nanti akan diupdate,” ujar Ari dalam keterangannya kepada wartawan, dikutip Sabtu (19/10/2024). 

“Iya AD [1 JKW] itu ya, iya rencana untuk Pak Presiden [Jokowi], sebelum apakah lewat darat atau ke bandara kan perlu kendaraan juga mengantarkan.” 

Selain itu, Ari memastikan Kemensetneg juga menyiapkan pengawalan kepada Jokowi dan Ma’ruf Amin yang nantinya sudah berstatus sebagai mantan presiden dan wakil presiden Indonesia. Pengawalan itu juga sudah mengacu dengan peraturan yang ada.