Logo Bloomberg Technoz

Meski tak hadir, kata dia, Ahmad Basarah mengatakan Megawati telah mengeluarkan instruksi kepada 110 anggota DPR dari fraksi PDIP. Isinya, seluruh politikus dari partai berlambang kepala banteng tersebut dilarang untuk pergi ke luar kota atau ke luar negeri.

Seluruh anggota fraksi PDIP mendapat instruksi wajib hadir dalam acara pelantikan Prabowo-Gibran.

"Sebagai gantinya telah menginstruksikan kepada seluruh anggota fraksi PDIP perjuangan agar seluruhnya hadir 110 [orang] dan menyukseskan acara besok. Dan, memerintahkan agar mereka tidak diperkenankan kel uar negeri termasuk keluar kota, karena wajib dateng besok," kata Muzani.

Berdasarkan informasi MPR, Megawati berarti menjadi satu-satunya mantan pemimpin negeri yang tak hadir dalam upacara esok hari. Muzani mengklaim telah mendapat konfirmasi kehadiran Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), dan Presiden ke-7 Joko Widodo (Jokowi).

Selain itu, kesediaan untuk hadir juga telah disampaikan Wakil Presiden ke-6 Try Sutrisno, Wakil Presiden ke-11 Boediono, Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla, dan Wakil Presiden ke-13 Ma'ruf Amin. 

(dec/frg)

No more pages