Logo Bloomberg Technoz

Megawati Tak Hadiri Pelantikan Prabowo-Gibran, Fraksi PDIP Wajib

Dinda Decembria
19 October 2024 13:50

Megawati Soekarnoputri hadiri Pameran Seni Butet Kartaredjasa bertajuk 'Melik Nggendong Lali' di Galeri Nasional. (Bloomberg Technoz/Mis Fransiska)
Megawati Soekarnoputri hadiri Pameran Seni Butet Kartaredjasa bertajuk 'Melik Nggendong Lali' di Galeri Nasional. (Bloomberg Technoz/Mis Fransiska)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Sekjen Partai Gerindra, Ahmad Muzani mengatakan telah menerima informasi Presiden ke-5, Megawati Soekarnoputri tak akan menghadiri pelantikan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai presiden dan wakil presiden 2024-2029, esok Ahad (20/10/2024).

Informasi tersebut diterima dari rekannya, mantan Wakil Ketua Majelis Permusyawarahan Rakyat (MPR) Ahmad Basarah yang bertemu dengan Megawati Soekarnoputri, Kamis malam lalu. 

"Undangan [pelantikan Prabowo-Gibran] untuk Presiden ke-5 ibu Mega sudah kami sampaikan, dan undangan dari tanda terima kami sudah sampai ke alamat beliau. Namun dari keterangan yang kami dapatkan, posisinya Ibu Mega baru saja tiba dari perjalanan lawatan ke Uzbekistan," kata Muzani di Kompleks MPR, Sabtu (19/10/2024).

Menurut dia, Megawati baru saja menuntaskan napak tilas perjalanan ayahnya, Presiden Soekarno di Uzbekistan hingga Rusia. Perjalanan panjang tersebut telah menguras tenaga. Sehingga, dia masih butuh waktu untuk memulihkan energi dan kesehatan. 

"Menyebabkan ibu kondisinya kurang fit dan flu maka ibu memutuskan untuk beristirahat," ujar Muzani.