Logo Bloomberg Technoz

Satu Dekade Jokowi, Bursa Saham Positif Meski Banyak Catatan

Sultan Ibnu Affan
19 October 2024 12:50

Presiden Jokowi dan Menhan sekaligus Presiden terpilih Prabowo Subianto saat saat apel persiapan pelantikan presiden (Youtube Setpres)
Presiden Jokowi dan Menhan sekaligus Presiden terpilih Prabowo Subianto saat saat apel persiapan pelantikan presiden (Youtube Setpres)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan segera melepas jabatannya dalam hitungan jam. Banyak terjadi dinamika di bursa saham selama satu dekade kepemimpinannya.

Selama periode tersebut, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) memang naik signifikan, dari yang semula IHSG ada di kisaran 5.200 pada 2014 kemudian naik 39% ke level 7.272 pada 2023. Jika dihitung hingga kemarin, Jumat (19/10/2024), ketika indeks ada di level 7.735, maka IHSG sudah naik sekitar 49%.

Namun, jika dihitung menggunakan kenaikan rata-rata akumulasi pertumbuhan tahunan (Compound Annual Growth Rate/CAGR), maka pertumbuhannya sekitar 3,9%.

Angka tersebut masih cenderung positif jika dibandingkan dengan seluruh indeks negara-negara Asia Tenggara yang cenderung datar dalam periode yang sama.

Indonesia, tercatat hanya kalah dari Vietnam yang membukukan rata-rata kenaikan CAGR 8,6% selama satu dekade. Sementara di Asia, juga masih di bawah India yang naik 13% dan Nikkei Jepang sebesar 9,3%.