Logo Bloomberg Technoz

Kata Hasto Soal Budi Gunawan jadi Menteri Prabowo: Bukan PDIP

Redaksi
19 October 2024 12:30

Budi Gunawan (Dok. Setkab)
Budi Gunawan (Dok. Setkab)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (Sekjen PDIP) Hasto Kristiyanto memastikan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal purnawirawan Budi Gunawan bukan kader partai berlambang kepala banteng tersebut.

Hal ini disampaikan untuk menanggapi keberadaan Budi Gunawan dalam daftar calon menteri pada Kabinet Prabowo Subianto. Dalam sejumlah dokumentasi, mantan wakil kepala kepolisian tersebut nampak dalam acara pembekalan calon menteri dan calon kepala badan di Hambalang, Rabu (16/10/2024).

"Pak Budi Gunawan tak ber-KTA [Kartu Tanda Anggota] PDIP. Sehingga beliau bukan menjadi anggota PDI Perjuangan," kata Hasto kepada wartawan dikutip Sabtu (19/10/2024).

Kehadiran Budi Gunawan dalam daftar calon pejabat Kabinet Prabowo dihubungkan dengan rencana bergabungnya PDIP dengan pemerintahan mendatang. Selain Budi, Prabowo memang sempat dikabarkan akan merekrut sejumlah kader dan orang dekat PDIP untuk menjadi menteri, wakil menteri, atau pun kepala badan lembaga negara.

Budi Gunawan sendiri memang sosok yang dekat dengan PDIP, terutama Ketua Umum Megawati Soekarnoputri. Saat menjadi polisi, dia adalah salah satu ajudan Megawati saat menjalani masa jabatan sebagai Presiden ke-5 pada 2021-2024.