Logo Bloomberg Technoz

Bahlil: ESDM Era Prabowo Bakal Percepat Proyek Smelter Bauksit

Dovana Hasiana
19 October 2024 13:00

Bijih bauksit./Bloomberg-Nathan Laine
Bijih bauksit./Bloomberg-Nathan Laine

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bahlil Lahadalia membuka peluang bahwa percepatan pembangunan proyek pabrik pemurnian atau smelter bauksit bakal dilakukan di era pemerintahan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Bahlil menggarisbawahi banyak proyek smelter bauksit di Indonesia yang mangkrak dan lambat, bahkan sejak dirinya masih menjabat sebagai Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). 

“Saya waktu di Kementerian Investasi [banyak proyek] mangkrak itu. Nah, ke depan izin-izin smelter, siapa pun menterinya saya pikir salah satu tugasnya adalah menyelesaikan urusan-urusan keseriusan pengusaha smelter untuk bauksit. Nikel itu cepat, bauksitnya ini yang agak lambat, kita akan percepat,” ujar Bahlil dalam agenda temu media di kantornya, dikutip Sabtu (19/10/2024). 

Dalam kesempatan itu, Bahlil tidak menjelaskan dengan gamblang ihwal posisinya pada pemerintahan mendatang. Menurutnya, hal itu merupakan kewenangan Prabowo untuk mengumumkan jajaran kabinetnya. 

Ketika ditanya mengenai kedatangannya ke Kertanegara untuk menghadap Prabowo pada Senin (14/10/2024), Bahlil mengatakan diajak berdiskusi ihwal kedaulatan dalam pengelolaan sumber daya alam (SDA), juga soal penggunaan SDA untuk kesejahteraan rakyat yang menghasilkan pendapatan negara dan kedaulatan energi.