Logo Bloomberg Technoz

Bahlil Blak-blakan Kelanjutan Gas Murah untuk PT KCC Glass

Dovana Hasiana
19 October 2024 12:20

Menteri ESDM Bahlil Lahadalia usai serah terima jabatan di Kementerian ESDM, Senin (19/8/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Menteri ESDM Bahlil Lahadalia usai serah terima jabatan di Kementerian ESDM, Senin (19/8/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bahlil Lahadalia memastikan PT KCC Glass Indonesia bakal mendapatkan perpanjangan untuk menerima gas murah melalui program Harga Gas Bumi Tertentu (HGBT) usai tahun 2024. 

Adapun pernyataan tersebut dilontarkannya untuk menanggapi kabar bahwa PT KCC Glass Indonesia hanya mendapatkan HBGT hingga akhir 2024 dan bakal ditinjau ulang pada tahun berikutnya. 

“Aturan itu dua bulan, tetapi langsung akan diperpanjang. Beda dapat dan akan, kalau dapat bisa ditinjau, kalau akan otomatis. Itu untuk berikan kepastian,” ujar Bahlil dalam agenda temu media, dikutip Sabtu (19/10/2024). 

Menurut Bahlil, pemberian gas murah kepada PT KCC Glass Indonesia menjadi salah satu insentif yang diberikan agar industri kaca itu mau membangun pabrik di Indonesia, alih-alih di Malaysia. 

“Awalnya KCC bangun pabrik di Malaysia, tetapi waktu kunjungan Presiden [Joko Widodo] ke Korea, saya langsung menemui owner-nya dan saya minta untuk bangun di Batang. Salah satu proposal yang disepakati HGBT gas US$6,” ujarnya.