Logo Bloomberg Technoz

Pekan Pertama Kabinet Prabowo: Dilantik Hingga ke Akmil 3 Hari

Redaksi
19 October 2024 12:00

Cover Perjalanan Karier Militer Jenderal Kehormatan Prabowo Subianto (Arie Pratama/Bloomberg Technoz)
Cover Perjalanan Karier Militer Jenderal Kehormatan Prabowo Subianto (Arie Pratama/Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Prabowo Subianto telah memilih sekitar 110 nama untuk menjadi menteri, wakil menteri, dan kepala badan lembaga negara dalam pemerintahannya bersama Gibran Rakabuming Raka. Mereka telah memenuhi pemanggilan di kediaman Prabowo pada Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan; dan Hambalang, Bogor.

Sejumlah calon pejabat pada kabinet Prabowo tersebut pun telah membocorkan informasi awal tentang kegiatan pada pekan pertama masa jabatannya. Hal ini diungkap usai mereka mendapat pembekalan di Hambalang, Rabu-Kami (16-17/10/2024).

Kuasa Hukum Prabowo-Gibran yang masuk kabinet, Otto Hasibuan mengatakan, pelantikan para menteri, wakil menteri, dan kepala badan lembaga negara akan berlangsung pada Senin depan (21/10/2024). Usai pelantikan, tiap pejabat akan melakukan seremonial serah terima jabatan atau pun langsung bekerja.

Dia mengatakan, Prabowo kabarnya akan langsung menggelar rapat kabinet perdana pada hari kedua, Selasa (22/10/2024). "Mungkin langsung ada rapat kabinet," ujar Otto, Kamis lalu.

Setelah itu, para anggota kabinet Prabowo-Gibran akan diboyong untuk mendapatkan pelatihan di Akademi Militer (Akmil) Gunung Tidar, Magelang, Jawa Tengah, pada Rabu (23/10/2024). Mantan Wali Kota Bogor yang masuk daftar calon wamen, Bima Arya mengklaim, pembekalan di Akmil lebih untuk menyatukan chemistry atau kedekatan dan kerja sama antarpejabat tersebut.