Logo Bloomberg Technoz

Daftar Kursi Parpol di Kabinet Prabowo: Minus PDIP dan Nasdem

Redaksi
19 October 2024 07:20

Bikin Koalisi Gemuk, Prabowo Minta Oposisi Jangan Ganggu (Bloomberg Technoz/Arie Pratama)
Bikin Koalisi Gemuk, Prabowo Minta Oposisi Jangan Ganggu (Bloomberg Technoz/Arie Pratama)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden terpilih 2024-2029, Prabowo Subianto selangkah lagi mewujudkan rencananya membuat kabinet gemuk pada pemerintahan bersama Gibran Rakabuming Raka. Dia telah memanggil sekitar 110 nama untuk hadir ke dua tempat tinggalnya, Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan; dan Hambalang, Bogor.

Dari daftar nama tersebut, Prabowo nampaknya masih cukup jauh dari klaimnya sendiri soal pembentukan kabinet zaken atau yang didominasi profesional. Daftar tersebut justru menunjukkan, ketua umum Partai Gerindra ini benar-benar membagi banyak jabatan bagi partai politik koalisinya, KIM Plus.

Berdasarkan data Celios, Kabinet Prabowo diisi sekitar 60 orang atau setara 55,6% total menteri, wakil menteri, dan kepala badan yang akan menjabat di pemerintahannya. 

Sedangkan proporsi yang lain terdiri dari teknokrat sebanyak 17 orang atau 15,7%; tokoh berlatar belakang kepolisian dan TNI sebanyak 8,3%; pengusaha 7,4%; akademisi 5,6%; tokoh agama 4,6%; dan selebriti 2,8%.

Demikian pula dari komposisi politikus, Prabowo nampak membagi kursi jabatan kepada nyaris seluruh partai politik yang tergabung dalam KIM Plus.