Logo Bloomberg Technoz

Bahlil Soal Pengetatan BBM Subsidi: Tunggu Waktu yang Tepat

Dovana Hasiana
19 October 2024 07:30

Petugas bekerja di SPBU Pertamina Rest Area Tol Tangerang-Jakarta KM 14, Senin (1/4/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Petugas bekerja di SPBU Pertamina Rest Area Tol Tangerang-Jakarta KM 14, Senin (1/4/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bahlil Lahadalia mengatakan kebijakan pengetatan bahan bakar minyak (BBM) subsidi sudah hampir selesai dan tinggal menunggu waktu yang tepat untuk diumumkan.

Menurut Bahlil, pemerintah sudah tidak lagi menemukan kendala yang berarti ihwal kebijakan pengetatan BBM subsidi tersebut.

“Menyangkut pembatasan BBM, sebenarnya sudah hampir selesai. Tidak ada [kendala] lagi yang berarti, tinggal menunggu waktu yang tepat untuk diumumkan dan saya pikir tidak ada lagi yang saya harus menyampaikan tentang kendalanya,” ujar Bahlil dalam agenda temu media di kantornya, Jumat (18/10/2024). 

Dalam kesempatan tersebut, Bahlil enggan menjelaskan dengan lengkap ihwal skema yang bakal diterapkan untuk memperketat pengguna BBM subsidi. Namun, ia memastikan kebijakan itu baik untuk masyarakat dan negara.

Bahlil menambahkan bahwa pemerintahan Presiden terpilih Prabowo Subianto, yang bakal dilantik pada Minggu (20/10/2024) besok, memiliki fokus terhadap pengetatan BBM subsidi.