Logo Bloomberg Technoz

Bahlil Buka Peluang Pungut Salur Batu Bara Terbit di Era Prabowo

Dovana Hasiana
19 October 2024 07:00

Pertambangan batu bara./Bloomberg-Ferley Ospina
Pertambangan batu bara./Bloomberg-Ferley Ospina

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bahlil Lahadalia membuka peluang bahwa peraturan presiden (Perpres) yang mengatur soal Mitra Instansi Pengelola (MIP)—atau skema pungut salur iuran batu bara—bakal terbit pada masa pemerintahan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka yang akan dilantik besok (20/10/2024). 

Bahlil mengatakan saat ini Perpres ihwal MIP tersebut tengah berproses, meskipun tidak menjelaskan dengan detail proses yang dimaksud. 

“Nanti insya Allah [diterbitkan] di pemerintahan berikutnya, insya Allah. Nanti kita lihat, sudah diproses kok,” ujar Bahlil saat ditemui di kantornya di Jakarta Pusat, Jumat (18/10/2024). 

Perusahaan-perusahaan batu bara mengatakan saat ini masih menunggu keputusan pemerintah terkait skema pungut salur iuran batu bara.

Head of Corporate Communication PT Adaro Energy Indonesia Tbk (ADRO) Febrianti Nadira mengatakan para pelaku industri mengharapkan penerapan harga yang kompetitif demi konservasi cadangan batu bara dan ketahanan energi nasional.