Logo Bloomberg Technoz

Kata Sri Mulyani soal Nasib APBN Saat Transisi Jokowi ke Prabowo

Azura Yumna Ramadani Purnama
18 October 2024 20:30

Menteri Keuangan Sri Mulyani saat konfrensi pers RAPN 2025 di Kantor Pusat Ditjen Pajak, Jumat (16/8/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Menteri Keuangan Sri Mulyani saat konfrensi pers RAPN 2025 di Kantor Pusat Ditjen Pajak, Jumat (16/8/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan arah kebijakan fiskal pada pemerintahan ke depan yang akan dipimpin Presiden Terpilih Prabowo Subianto telah tertuang dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2025.

Bendahara Negara menjelaskan kebijakan fiskal ke depan juga akan dipengaruhi praktiknya pada masing-masing Kementerian/Lembaga (K/L) yang akan dipimpin oleh kabinet baru Prabowo.

“Arah kebijakan fiskal ke depan, paling tidak pada 2025 sudah ditetapkan bersama dengan DPR dan konsultasi dengan Presiden terpilih sudah memberikan gambaran awal kebijakan ke depan,” kata Sri Mulyani dalam konferensi pers hasil Rapat Komite Stabilitas Sistem Keuangan  (KSSK) IV, Jumat (18/10/2024).

Sehingga Sri Mulyani menegaskan agar seluruh pihak bersabar menunggu kabinet baru bekerja, terkait susunannya ia menyatakan akan diumumkan oleh Prabowo pada tanggal Minggu malam (20/10/2024), dan pelantikannya berlangsung pada keesokan harinya.

“Menyangkut kabinet baru ditahan dulu untuk minggu depan. UU [Undang-Undang] nya ada APBN namun pelaksanaanya tergantung format keseluruhan kabinet,” tegasnya.