Logo Bloomberg Technoz

Dia berjanji akan mengoptimalkan seluruh instrumen moneter, termasuk strategi operasi moneter oleh Bank Indonesia (BI) yang pro-terhadap pasar keuangan dengan mengoptimalkan berbagai instrumen keuangan. Ini termasuk SRBI, SVBI, dan SUVBI. Selain itu, memperkuat kebijakan dalam menarik aliran modal asing untuk mendukung stabilitas nilai tukar rupiah terhadap dolar AS.

"Tentunya fondasi dan fundamental ekonomi dan dari sisi riil tetap dijaga pemerintah, seperti momentum pertumbuhan ekonomi, stabilitas dari sisi harga, inflasi yang rendah, dan penciptaan kesempatan kerja," kata dia.

Kurs Rupiah Kuartal III Menguat

Sri Mulyani memaparkan nilai tukar rupiah pada kuartal III 2024 menguat hingga level Rp15.140 per dolar AS. hal ini menunjukkan perkembangan menggembirakan didukung konsistensi kebijakan moneter dan aliran masuk modal asing yang kembali masuk ke dalam negeri.

"Itu artinya rupiah mengalami apresiasi atau penguatan 2,08% (month-to-month/mtm) pada akhir September 2024 dibanding bulan sebelumnya," kata dia.

Menurut dia, kinerja rupiah ditopang oleh komitmen bank sentral untuk terus menjaga stabilitas nilai tukar rupiah, imbal hasil dari aset-aset keuangan Indonesia yang menarik termasuk surat berharga negara (SBN), dan meningkatnya fundamental ekonomi indonesia, sehingga menyebabkan aliran modal asing masuk ke dalam negeri.

(lav)

No more pages