Logo Bloomberg Technoz

Bahlil Pastikan Divestasi Saham Freeport 10%, Gratis atau Murah

Dovana Hasiana
18 October 2024 18:10

Dok. Freeport Indonesia
Dok. Freeport Indonesia

Bloomberg Technoz, Jakarta Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bahlil Lahadalia mengatakan divestasi 10% saham PT Freeport Indonesia (PTFI) ke pemerintah melalui induk holding BUMN tambang, PT Mineral Industri Indonesia (MIND ID) dilakukan secara gratis atau dengan biaya rendah.

Insyallah 10%, saya kan sudah bilang dari awal gratis. Andaikan pun ada, biaya sekecil-kecilnya,” ujar Bahlil dalam agenda temu media, Jumat (18/10/2024).

Bahlil memastikan prosesnya saat ini masih berjalan dan tengah berada dalam negosiasi akhir serta finalisasi yang harapannya bisa diselesaikan pada masa pemerintahan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka yang bakal dilantik pada Minggu (20/10/2024). 

Sambutan Menteri ESDM Bahlil Lahadalia saat serah terima jabatan di Kementerian ESDM, Senin (19/8/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Dalam kaitan itu, Bahlil menyinggung selama ini pemerintah selalu dianggap lambat oleh investor, padahal terdapat sebagian investor yang juga lambat.

Menurutnya, pemerintah tidak selalu berada dalam posisi yang salah. Sebab, pemerintah harus melakukan kajian dengan menyeluruh agar keputusan tidak merugikan masyarakat Indonesia.