Logo Bloomberg Technoz

Jokowi Resmikan Tol Sumatera Garapan PTPP Rp5,6 Triliun

Sultan Ibnu Affan
18 October 2024 18:20

Presiden Joko Widodo. (Bloomberg)
Presiden Joko Widodo. (Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan proyek Jalan Tol Trans Sumatera senilai total Rp5,6 triliun, yang digarap oleh PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk (PTPP) pada Rabu (16/10/2024) kemarin.

Secara terperinci, proyek strategis nasional (PSN) tersebut meliputi Jalan Tol Indrapura – Kisaran Seksi 2 ruas Limapuluh – Kisaran dengan nilai kontrak Rp4,5 triliun dengan ruas 47,75 kilometer (km)  dan Proyek Jalan Tol Bayung Lencir – Tempino senilai Rp1,18 triliun dengan panjang ruas 11 km.

"Dengan adanya jalan tol, utamanya Trans Sumatera ini kita harapkan ada kecepatan dalam mobilitas orang, kecepatan dalam mobilitas barang, kecepatan dalam pengiriman distribusi logistik," ujar Jokowi dalam siaran resminya.

Sementara itu, Direktur Utama PTPP Novel Arsyad juga mengatakan proyek tersebut dilakukan sesuai dengan target pelaksanaan, dengan masa pelaksanaan dari Bulan Desember 2018 –Januari 2024 untuk Tol Indrapura, dan Tol Bayung Lencir dengan masa pelaksanaan selama 415 hari dari Juni 2023 – Agustus 2024.

"Dengan adanya peresmian ini, maka PTPP telah menyelesaikan pembangunan infrastruktur Trans Sumatera   sesuai target," ujar Novel.