Logo Bloomberg Technoz

KSSK Klaim Ekonomi RI Tumbuh di Atas 5% Kuartal III 2024

Azura Yumna Ramadani Purnama
18 October 2024 17:50

Ilustrasi ekonomi Indonesia.
Ilustrasi ekonomi Indonesia.

Bloomberg Technoz, Jakarta - Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal III 2024 akan berada di atas 5%. Hal ini terjadi di tengah dinamika ekonomi nasional yang masih terjaga baik seiring meredanya ketidakpastian ekonomi global.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menjelaskan kinerja ekonomi pada kuartal ketiga tahun ini melanjutkan capaian kuartal sebelumnya, di mana dorongan berasal dari konsumsi rumah tangga dan investasi yang diklaim positif. 

"Pertumbuhan konsumsi rumah tangga tetap terjaga, khususnya untuk kelas menengah atas, sementara faktor permintaan agregat kedua yakni investasi tumbuh seiring akselerasi penyelesaian program atau proyek strategi nasional, termasuk Ibu kota Nusanntara," papar Sri Mulyani dalam Konferensi Pers KSSK, Jumat (18/10/2024).

Pada kuartal III 2024, dia menjelaskan stabilitas sistem keuangan sempat mereda dan masih terjaga, sejalan dengan meredanya tekanan di pasar keuangan global setelah pelonggaran kebijakan moneter dilakukan oleh berbagai negara utama, seperti Amerika Serikat (AS) dan Eropa.

Hal ini merespons laju inflasi di berbagai negara utama yang menurun. Inflasi AS misalnya, diperkirakan mendekati sasaran 2% (year-on-year/yoy) di tengah perlambatan pertumbuhan ekonomi dan kecenderungan tingkat pengangguran yang masih relatif tinggi.