Logo Bloomberg Technoz

Bursa Eropa Stabil, Investor Cermati Laporan Pendapatan

News
18 October 2024 16:00

Ilustrasi bursa Eropa.
Ilustrasi bursa Eropa.

Kit Rees - Bloomberg News

Bloomberg, Bursa saham Eropa stabil pada Jumat (18/10/2024), dengan sedikit perubahan karena investor mencerna pembaruan pendapatan yang kurang menggembirakan, memperkuat perdebatan tentang kondisi ekonomi kawasan tersebut.

Indeks Stoxx Europe 600 tetap datar pada pukul 08:10 waktu London. Saham-saham yang terkait erat dengan ekonomi China, seperti sektor pertambangan dan otomotif, naik setelah bank sentral China (PBOAC) mengambil langkah untuk mendukung pasar di tengah data yang menunjukkan perlambatan ekonominya. Namun, sektor defensif seperti telekomunikasi dan perawatan kesehatan menekan indeks tersebut.

Beberapa laporan keuangan yang mengecewakan juga menekan saham individu. Saham Volvo AB turun setelah pendapatan kuartal ketiga pembuat truk Swedia tersebut menurun di tengah permintaan yang melemah. Saham produsen kacamata mewah, EssilorLuxottica, juga merosot karena penjualan di pasar China yang melambat.

Saham-saham Eropa cenderung stabil sepanjang Oktober karena investor menilai awal musim pendapatan kuartal ketiga yang penuh tantangan. Sejumlah perusahaan besar gagal memenuhi ekspektasi, termasuk LVMH yang mencatat penjualan di bawah target dan ASML Holding NV yang melaporkan pesanan yang mengecewakan, menambah kekhawatiran tentang permintaan dari pasar utama seperti China.

Grafik bursa Eropa. (Sumber: Bloomberg)