Logo Bloomberg Technoz

Kasus Dugaan Pelanggaran Medsos X di Eropa Bisa Berbuntut Panjang

News
18 October 2024 14:06

platform X dulu Twitter. (Bloomberg)
platform X dulu Twitter. (Bloomberg)

Gian Volpicelli dan Samuel Stolton—Bloomberg News

Bloomberg, Dalam perkembangan kasus dugaan pelanggaran aturan moderasi konten atas platform medsos X, Uni Eropa memperingatkan bahwa seluruh entitas usaha Elon Musk bisa terseret, seperti Space Exploration Technologies Corp dan Neuralink Corp.

Uni Eropa memang dalam menjatuhkan denda sebanyak 6% dari pendapatan global tahunan perusahaan multinasional berdasarkan UU Layanan digital. Denda bakal diberikan karena pengelola gagal menangani konten ilegal dan disinformasi atau mengikuti aturan transparansi.

Elon Musk. (Bloomberg)

Regulator sedang mempertimbangkan apakah penjualan dari SpaceX, Neuralink, xAI, dan Boring Company, selain pendapatan  dari jejaring sosial, harus disertakan untuk menentukan potensi denda terhadap X, kata orang-orang yang mengetahui masalah ini, yang meminta untuk tidak disebutkan namanya karena informasinya tidak dipublikasikan.

Komisi Eropa telah menyelidiki medsos X untuk beberapa potensi pelanggaran Undang-Undang Layanan Digital, aturan yang baru diperkenalkan sebagaimana dimaksudkan untuk memastikan platform mengawasi konten ilegal.