Logo Bloomberg Technoz

Biden Kirim Blinken ke Israel, Dorong Gencatan Senjata di Gaza

News
18 October 2024 15:00

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken ( Andrea Verdelli/Bloomberg)
Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken ( Andrea Verdelli/Bloomberg)

Dana Khraiche, Dan Williams dan Galit Altstein - Bloomberg News

Bloomberg, AS mengatakan akan mendorong gencatan senjata di Gaza setelah Israel membunuh pemimpin Hamas Yahya Sinwar. Sementara Israel mengatakan akan terus bertempur sampai semua sandera yang ditawan Hamas bebas.

Presiden Joe Biden menyatakan bahwa ia telah mengirim Menteri Luar Negeri Antony Blinken ke Israel sebagai bagian dari upaya untuk mengakhiri konflik. "Sekarang saatnya untuk maju," kata Biden kepada wartawan setelah tiba di Berlin, Jerman. "Maju terus, maju menuju gencatan senjata di Gaza." Sementara itu, Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, menegaskan bahwa "misi kami belum selesai." Hamas dilaporkan menculik sekitar 250 orang dalam serangan tahun lalu, dan kurang dari 100 orang diperkirakan masih hidup dan ditawan.

Militer Israel melaporkan bahwa Yahya Sinwar, pemimpin Hamas yang hilang kontak selama berminggu-minggu, terbunuh pada Rabu (16/10/2024) di Gaza selatan dalam insiden yang tampaknya sebuah kebetulan. Seorang sumber menyebutkan bahwa pasukan Israel melihat aktivitas mencurigakan di sebuah gedung selama patroli rutin. Setelah sebuah tank menembaki gedung tersebut, baru pada Kamis (17/10/2024) diketahui bahwa Sinwar adalah salah satu korban. Sumber ini berbicara secara anonim karena membahas informasi internal.

Kematian Sinwar meninggalkan kekosongan dalam kepemimpinan Hamas. Di tengah meningkatnya ketegangan dengan Iran setelah rentetan serangan rudal pada 1 Oktober, Netanyahu terus meraih kemenangan strategis, menyusul pembunuhan kepala politik Hamas, Ismail Haniyeh, pada Juli dan pemimpin Hizbullah, Hassan Nasrallah, bulan lalu.