Logo Bloomberg Technoz

Dudy Purwagandhi, Adik Ipar Haji Isam Jadi Calon Menteri Prabowo

Referensi
18 October 2024 12:37

Komisaris PLN Dudy Purwagandhi bertemu dengan Prabowo Subianto di Kertanegara, Senin (14/10/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Komisaris PLN Dudy Purwagandhi bertemu dengan Prabowo Subianto di Kertanegara, Senin (14/10/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden terpilih Prabowo Subianto telah merampungkan penyusunan kabinetnya yang akan bekerja hingga 2029. Ketua Umum Partai Gerindra tersebut telah memanggil sejumlah calon menteri, termasuk Dudy Purwagandhi, Komisaris PT Perusahaan Listrik Negara (PLN), ke kediamannya di Kertanegara, Jakarta Selatan, pada Senin (14/10). 

Nama Dudy menjadi sorotan, mengingat perannya sebagai Wakil Bendahara Tim Kampanye Nasional Jokowi – Ma’ruf Amin pada Pilpres 2019.

Karier dan Latar Belakang Dudy Purwagandhi

Dudy Purwagandhi merupakan lulusan Fakultas Hukum Universitas Trisakti tahun 1970. Kariernya dimulai sebagai staf di PT Tri Usaha Bhakti Truba, sebelum kemudian menjadi Kepala Departemen GA dan menjabat sebagai Internal Audit di PT Dua Samudera Perkasa. 

Dudy pun merambah dunia bisnis, bergabung dengan perusahaan Haji Isam, PT Jhonlin Marine Trans dan PT Jhonlin Air Transport, yang bergerak di bidang transportasi batu bara dan bijih besi.

Pada periode 2008-2009, Dudy menjabat sebagai Direktur PT Jhonlin Marine Trans, sekaligus Direktur PT Jhonlin Air Transport. Kedua perusahaan ini dimiliki oleh Haji Isam, pengusaha batu bara terkemuka dari Kalimantan.

Kiprah Politik Dudy Purwagandhi

Dudy Purwagandhi (Dok. PLN/Diolah)