Logo Bloomberg Technoz

Profil Pemimpin Hamas Yahya Sinwar yang Tewas Dibunuh Israel

Rosmayanti
18 October 2024 12:30

Yahya Sinwar pemimpin poltik Hamas. (Sumber: Bloomberg)
Yahya Sinwar pemimpin poltik Hamas. (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Militer Israel menyatakan bahwa pemimpin Hamas Yahya Sinwar tewas akibat tembakan tank Israel di Gaza pada Rabu (16/10/2024) waktu setempat. Sinwar diyakini sebagai otak dari serangan Hamas pada 7 Oktober 2023 dan orang yang paling dicari Israel.

Sinwar adalah salah satu target utama perang Israel melawan Hamas di Gaza. Pejabat Israel menjulukinya dengan banyak nama, seperti "wajah kejahatan" dan "tukang jagal dari Khan Younis."

Sebelumnya merupakan tokoh yang sangat terkenal, Sinwar tidak terlihat sejak serangan 7 Oktober. Ia kemungkinan selamat dari pengepungan Israel di Gaza tahun lalu dengan berlindung di jaringan terowongan bawah tanah yang luas.

Pada Agustus lalu, Sinwar menjadi salah satu pemimpin paling senior Hamas setelah pendahulunya Ismail Haniyeh dibunuh Israel di ibu kota Iran, Teheran.

Melansir CNN, Jumat (18/10/2024), ia telah lama menjadi pemain inti dalam kelompok militan tersebut. Sinwar bergabung dengan Hamas pada akhir 1980-an, naik pangkat dengan cepat.