Logo Bloomberg Technoz

Dokter Magang Dipukuli, Kemenkes Minta Pemda Beri Perlindungan

Fransisco Rosarians Enga Geken
25 April 2023 21:00

Kementerian Kesehatan (Kemenkes). (Dok. Kementerian Kesehatan)
Kementerian Kesehatan (Kemenkes). (Dok. Kementerian Kesehatan)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Kesehatan meminta seluruh kepala daerah memberikan perlindungan kepada dokter internsip atau magang yang bertugas di wilayah tersebut. Hal ini disampaikan usai terjadi tindak kekerasan terhadap dua dokter yang menjalani masa magang di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Pajar Bulan, Way Tenong, Lampung Barat, Lampung.

“Kami meminta seluruh kepala daerah di Indonesia agar memberikan perlindungan bagi dokter dan dokter gigi yang saat ini sedang melakukan program magang di daerah mereka agar kejadian di Lampung Barat ini tidak lagi terjadi ditempat lain,” kata Direktur Jenderal Tenaga Kesehatan Kemenkes, Arianti Anaya dalam rilis lembaganya, Selasa (25/4/2023).

Berdasarkan laporan sementara, peristiwa kekerasan berawal saat seorang pasien berinisial HW datang ke Puskesmas Pajar Bulan, Senin (24/4/2023). Saat itu, pasien tersebut mengeluhkan rasa nyeri pada ulu hati.

Dokter magang yang bertugas pun melakukan pengecekan kondisi pasien dan memberikan obat sesuai dengan standard operasional prosedur puskesmas.

Akan tetapi, pasien tersebut kembali dan mengatakan, rasa sakit pada ulu hatinya tak kunjung reda meski sudah meminum obat. Dokter magang pun memberikan sejumlah penjelasan medis termasuk status pasien yang masih dalam tahap observasi untuk mengetahui efek dari obat yang diberikan.