Logo Bloomberg Technoz

Iftitah Sulaiman: Dari Ajudan SBY ke Calon Menteri Prabowo

Referensi
18 October 2024 11:47

Profil Iftitah Sulaiman, Mantan Ajudan SBY Kini Jadi Calon Menteri Prabowo (Diolah)
Profil Iftitah Sulaiman, Mantan Ajudan SBY Kini Jadi Calon Menteri Prabowo (Diolah)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Iftitah Sulaiman, seorang tokoh Partai Demokrat, telah menjadi perhatian publik sejak dipanggil oleh presiden terpilih Prabowo Subianto pada Senin, 14 Oktober 2024, di kediaman Kertanegara, Jakarta Selatan. Pemanggilan ini memicu spekulasi bahwa Iftitah adalah salah satu kandidat menteri dalam kabinet baru yang akan dilantik pada 20 Oktober 2024. 

Meskipun belum ada konfirmasi resmi mengenai posisi menteri yang akan diembannya, Iftitah menyatakan bahwa Prabowo memintanya untuk berfokus pada pembangunan Indonesia Timur.

Karier Militer Iftitah: Lulusan Terbaik Akademi Militer

Politikus Partai Demokrat Muhammad Iftitah Sulaiman Suryanagara di Kertanegara, Senin (14/10/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Iftitah, yang lahir dengan nama lengkap Muhammad Iftitah Sulaiman Suryanagara di Pandeglang, Banten, pada 10 Maret 1977, memiliki latar belakang militer yang sangat mengesankan. Sebagai lulusan terbaik Akademi Militer tahun 1999, ia menerima penghargaan Bintang Adhi Makayasa dari Presiden Republik Indonesia. 

Keahliannya dalam bidang Kavaleri menjadikannya salah satu prajurit andal di TNI Angkatan Darat. Selama 20 tahun pengabdiannya, dari 1999 hingga 2019, Iftitah mencapai pangkat Letnan Kolonel sebelum akhirnya pensiun dari dinas militer.

Transisi ke Dunia Bisnis dan Akademik

Setelah meninggalkan dunia militer, Iftitah beralih ke dunia bisnis. Ia mengakuisisi beberapa perusahaan di bidang investasi dan konsultan bersama mitra bisnisnya. Kariernya tidak berhenti di situ, Iftitah juga aktif sebagai praktisi, penulis, dan pengajar di berbagai institusi pendidikan.