Logo Bloomberg Technoz

“Lindung nilai Trump - long emas - mungkin masih mendapatkan daya tarik mengingat fluiditas perkembangan pemilu dan ketidakpastian geopolitik.”

Sementara itu, Bloomberg Dollar Spot Index turun 0,1%, menghentikan reli selama empat hari. Greenback yang lebih lemah membuat emas batangan menjadi lebih murah bagi banyak pembeli, karena dihargakan dalam mata uang AS. 

“Reli dolar juga mulai terlihat sedikit melebar secara teknis, jadi kemunduran jangka pendek tidak boleh dikesampingkan,” kata Wong.

Emas sekitar 2% lebih tinggi untuk minggu ini, dengan permintaan haven lebih besar daripada hambatan makro lainnya yang biasanya membebani logam mulia setelah laporan AS pada hari Kamis mengurangi spekulasi pada skala pelonggaran Federal Reserve. 

Penjualan ritel menguat pada bulan September lebih dari perkiraan dan klaim pengangguran secara tak terduga turun dalam laporan terpisah, memperkuat pandangan bahwa ekonomi tidak berada di dekat resesi. Tingkat suku bunga yang lebih tinggi biasanya menekan emas yang tidak memberikan imbal hasil.

Emas batangan adalah salah satu komoditas berkinerja terkuat di tahun 2024, dengan kenaikan lebih dari 30% sepanjang tahun ini. Optimisme penurunan suku bunga memicu kenaikan terbaru karena Fed memulai siklus pelonggarannya bulan lalu. Pembelian bank sentral yang kuat juga telah menjadi pilar dukungan jangka panjang untuk harga emas.

Investor Barat juga telah membantu mendorong harga lebih tinggi, setelah sebagian besar tetap berada di sela-sela pada paruh pertama tahun ini karena permintaan Asia melonjak. Peralihan bank sentral AS ke kebijakan moneter yang lebih longgar telah meningkatkan daya tarik reksa dana yang diperdagangkan di bursa yang didukung oleh emas batangan, dengan kepemilikan yang berada di jalur untuk ekspansi bulanan kelima di bulan Oktober - arus masuk terpanjang sejak 2020.

Bagi banyak orang di industri ini, prospek dari sini bahkan lebih bullish. Para pedagang, pemurni, dan penambang yang menghadiri pertemuan tahunan London Bullion Market Association minggu ini melihat harga naik menjadi sekitar $ 2.917 per ons pada akhir Oktober 2025, menurut perkiraan rata-rata dari survei terhadap para delegasi.

Emas spot diperdagangkan pada $2.708,71 per ons pada pukul 11.00 WIB di Singapura. Perak, paladium, dan platinum semuanya naik.

(bbn)

No more pages