Logo Bloomberg Technoz

Sam Altman Ajari Amerika Bagaimana Tetap Jadi Negara Adidaya AI

News
18 October 2024 11:40

Sam Altman. (Bloomberg)
Sam Altman. (Bloomberg)

Dave Lee-Bloomberg News

Bloomberg, Sam Altman dinilai haus akan kekuasaan. Baru saja menyelesaikan putaran pendanaan US$6,6 miliar (sekitar Rp102,63 triliun) dan mengkonsolidasikan cengkeramannya pada kepemimpinan OpenAI ketika para pendiri lainnya keluar. Sebagai CEO, Sam Altman telah menyusun strategi untuk memperkuat kepemimpinan atas apa yang ia sebut sebagai teknologi paling penting yang pernah ada di dunia.

Dalam pertemuan di Gedung Putih pada bulan September, Sam Altman dan perwakilan lain dari nama-nama besar dalam kecerdasan buatan (AI) berkumpul untuk menyampaikan permohonan mereka: Kita membutuhkan lebih banyak energi yang cepat. 

Pasca pertemuan tersebut, Sam Altman menindaklanjuti dengan proposal 15 halaman yang berisi lebih banyak informasi tentang apa yang secara khusus dia pikir harus dilakukan pemerintah. Proposal ini menyerukan pembangunan beberapa pembangkit listrik berkapasitas 5 gigawatt di berbagai negara bagian di seluruh AS, masing-masing dengan biaya sekitar US$100 miliar.

Sam Altman. (Bloomberg)

Pembangkit energi akan digunakan oleh perusahaan rintisan milik Sam Altman dan startup lain yang berada di garis terdepan dalam bidang AI. Dokumen tersebut berjudul “Infrastructure Is Destiny.”