Logo Bloomberg Technoz

Bapanas Janji Bansos Stunting dan MBG Tak Akan Tumpang Tindih

Pramesti Regita Cindy
18 October 2024 11:10

Wapres terpilih Gibran Rakabuming meninjau uji coba makan siang gratis di SDN 4 Tangerang, Senin (5/8/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Wapres terpilih Gibran Rakabuming meninjau uji coba makan siang gratis di SDN 4 Tangerang, Senin (5/8/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Badan Pangan Nasional (Bapanas) menegaskan bahwa tidak akan ada potensi tumpang tindih antara program Makan Bergizi Gratis (MBG) dengan Bantuan Pangan Stunting. 

Sekretaris Utama Bapanas Sarwo Edhy menjelaskan fokus Makan Bergizi Gratis sepenuhnya berada di tangan Badan Gizi Nasional, sementara Bapanas bertanggung jawab lebih kepada program bantuan pangannya.

"Jadi kita memberikan bantuan pangan pada beras 10 kg kepada 22 juta KPM [Keluarga Penerima Manfaat], dan bantuan stunting kepada 1,4 juta keluarga di tujuh povinsi. Kalau bantuan beras itu di seluruh provinsi," kata Sarwo Edhy ketika ditemui di Hotel JS Luwansa, Jakarta Selatan, Kamis (17/10/2024) malam. 

Untuk diketahui, dalam Pasal 55 Peraturan Presiden (Perpres) No. 83/2024 tentang Badan Gizi Nasional dijelaskan bahwa pelaksanaan tugas dan fungsi kerawanan gizi yang dilaksanakan oleh Deputi Bidang Kerawanan Pangan dan Gizi Bapanas dialihkan menjadi tugas dan fungsi Badan Gizi Nasional.

Dengan demikian, Bapanas juga akan turut mengambil peranan penting dalam hal tersebut.

Sidak Kepala Bapanas Arief Prasetyo Adi ke Pasar Palmerah, Jakarta Barat untuk memantau harga daging ayam ras pada Selasa (27/6/2023)./Dok. Bapanas