Logo Bloomberg Technoz

Di Tengah PHP Rusia, RI Kukuh Pertahankan Rosneft di Kilang Tuban

Dovana Hasiana
18 October 2024 09:40

Rencana desain proyek GRR Tuban./dok. PT Pertamina Rosneft Pengolahan dan Petrokimia (PRPP)
Rencana desain proyek GRR Tuban./dok. PT Pertamina Rosneft Pengolahan dan Petrokimia (PRPP)

Bloomberg Technoz, Jakarta Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengatakan hingga saat ini PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) masih terus bertahan menggandeng Rosneft Singapore Pte Ltd di proyek strategis nasional (PSN) Gras Root Refinery (GRR) atau Kilang Tuban yang berlokasi di Jawa Timur. 

Plt Direktur Jenderal Migas Kementerian ESDM Dadan Kusdiana mengatakan saat ini proyek GRR Tuban masih dalam proses keputusan investasi akhir atau final investment decision (FID).

“Pertamina melalui anak usaha PT KPI, yaitu PT Pertamina Rosneft Pengolahan dan Petrokimia [PRPP] saat ini masih bersama Rosneft untuk pelaksanaan proyek GRR Tuban,” ujar Dadan kepada Bloomberg Technoz, dikutip Jumat (18/10/2024).

Seorang pekerja mengenakan jaket keselamatan bermerek saat bekerja di anjungan pengeboran yang dioperasikan oleh Rosneft PJSC/Bloomberg-Andrey Rudakov

Sebelumnya, PT KPI memastikan FID oleh Rosneft Singapore Pte Ltd di GRR atau Kilang Tuban bakal diumumkan pada kuartal IV-2024.

Direktur Utama PT KPI Taufik Adityawarman memastikan bahwa target pengumuman FID yang sebelumnya diketok oleh perseroan adalah pada 2025, tetapi penyelesaian bakal dilakukan pada 2024.