Logo Bloomberg Technoz

Adapun data Ekonomi AS semalam juga menunjukkan upah dan gaji, yang tidak disesuaikan dengan inflasi, ada kenaikan 0,5% pada Agustus, laju tertinggi dalam tiga bulan, mengisyaratkan konsumen masih memiliki daya beli yang cukup besar. Pada bulan yang sama, pasar tenaga kerja juga menunjukkan pertumbuhan terbesar dalam enam bulan, dengan lebih dari 250 ribu pekerjaan baru tercipta.

Sedangkan Klaim Pengangguran Awal sampai pekan dengan 12 Oktober, tercatat lebih rendah dibanding bulan sebelumnya menjadi 241.000, melampaui proyeksi pasar di 259.000 permohonan.

Klaim berkelanjutan, yang mencerminkan jumlah orang yang masih menerima manfaat, bertambah menjadi 1,87 juta pada pekan sebelumnya, sekaligus menjadi angka tertinggi sejak Juli, menurut data Departemen Tenaga Kerja AS pada Kamis.

Sumber: CME FedWatch

Kombinasi faktor itu meninggikan ekspektasi pasar akan prospek kebijakan suku bunga acuan Bank Sentral AS (Federal Reserve/The Fed) di pertemuan bulan depan.

Mengutip CME FedWatch Tools pagi ini, peluang pemangkasan Federal Funds Rate sebesar 25 basis poin (Bps) menjadi 4,5%–4,75% pada November tetap terjaga mencapai 90,3%. Jauh meningkat ketimbang pekan sebelumnya di 80,3%.

(fad)

No more pages