Logo Bloomberg Technoz

Raghavan mendapat peran baru sebagai kepala teknologi Google, kata Pichai.

Nick Fox, seorang eksekutif veteran perusahaan yang bertindak sebagai deputi pencarian di bawah Raghavan, naik dan berperan memimpin layanan pencarian, iklan, peta, dan belanja Google.

Google terancam bubar akibat langgar aturan antimonopoli

Sebagai mesin pencari yang dominan secara global, Google telah berjuang melawan persepsi selama dua tahun terakhir bahwa mereka tertinggal dari perusahaan-perusahaan seperti Microsoft, OpenAI, dan perusahaan rintisan lainnya dalam meluncurkan alat dan layanan AI generatif.

Namun, karena Google berusaha untuk tetap kompetitif dengan pendatang baru yang mengubah pencarian, Google juga berhati-hati untuk tidak mengkanibal mesin keuntungan intinya.

Dalam pengumumannya, Pichai menyebut reorganisasi ini sebagai cara untuk merampingkan kemajuan perusahaan dalam kecerdasan buatan.

Selama enam bulan terakhir, Google telah mengkonsolidasikan tim-timnya yang berfokus pada AI, berusaha meningkatkan model Gemini untuk menantang orang-orang seperti OpenAI dan Anthropic.

Pada bulan April, Alphabet memindahkan model, penelitian, dan tim AI yang bertanggung jawab ke divisi DeepMind. Segera setelahnya, mereka menggabungkan DeepMind dengan Google Brain, sebuah unit penelitian saingan di dalam perusahaan. 

google DeepMind. (Bloomberg)

DeepMind didirikan di London pada tahun 2010 sebagai laboratorium penelitian bergaya akademis, kemudian diakuisisi oleh Google pada tahun 2014. Para eksekutif mengatakan bahwa lab DeepMind kemudian bergeser dari misi awalnya dan menjadi lebih berorientasi pada produk.

Baik di dalam maupun di luar Google, “begitu banyak laboratorium penelitian terkemuka yang sebenarnya merupakan perusahaan produk pada saat ini,” kata Eli Collins, wakil presiden produk DeepMind, dalam sebuah wawancara dengan Bloomberg News bulan lalu.

Google investasi bidang pusat data Rp15 triliun di Thailand

Collins mengatakan bahwa DeepMind harus “meningkatkan kecepatan” untuk mengimbangi laju inovasi AI.

Google ditantang oleh meningkatnya pengawasan antimonopoli dari para pejabat federal. Pada bulan Agustus, Google kalah dalam persidangan atas klaim dari Departemen Kehakiman AS bahwa perusahaan tersebut secara ilegal memonopoli pasar pencarian dan periklanan online. 

Bulan September, sebuah persidangan yang mencakup dugaan dominasi perusahaan atas teknologi yang digunakan untuk membeli dan menjual iklan online telah selesai, dengan argumen penutup yang dijadwalkan pada bulan November. Keputusan dalam kasus tersebut diharapkan pada akhir tahun.

(bbn)

No more pages